Jaring Wisman, Museum Keris Solo Ditargetkan Rampung Oktober

Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat meresmikan dimulainya pembangunan museum keris. (Foto: Humas Pemkot Surakarta).
Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat meresmikan dimulainya pembangunan museum keris. (Foto: Humas Pemkot Surakarta).

Solo, SURAKARTADAILY ** Selain dinobatkan sebagai destinasi wisata kuliner, kini ada satu lagi yang baru di kota Solo. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo (Dispudbar) akan segera menyuguhkan obyek wisata baru yakni museum keris. Yang rencananya akan mulai dibuka pada bulan oktober mendatang.

“Ya kami jadwalkan proyek museum keris baru dikerjakan Juni, Waktu pengerjaan tiga bulan. Jadi September proyek rampung dan Oktober bisa dibuka,” Kata Kepala Disbudpar Surakarta, Eny Tyasni Suzana, Senin (28/3).

Proyek yang menelan anggaran sebesar Rp.1,8 miliar ini diharapkan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Museum keris dibangun di Jl.Bhayangkara Surakarta.

“Proyek lanjutan pembangunan museum keris ini masih menunggu revisi detail engineering design (DED). Revisi DED ditargetkan rampung akhir bulan ini, revisi DED salah satunya mengenai pendetailan film yang akan diputar di museum keris,” Ungkapnya.

Ada perbedaan selera antara wisatawan mancanegara dengan domestik. Wisatawan mancanegara biasanya berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Pasar Triwindu Ngarsopuro dan Keraton.

Sementara wisatawan domestik umumnya memilih berkunjung ke Taman Satwa Taru Jurug, Taman Bale Kambang dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, serta tempat – tempat wisata kuliner di Solo.

Targetkan 4,5 Juta Wisatawan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo menargetkan 4,5 juta wisatawan mengunjungi Solo selama tahun 2016. Target kunjungan wisatawan tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Target wisatawan tersebut lebih banyak ketimbang realisasi pada 2015. Yakni 4,2 juta wisatawan yang mengunjungi solo, jumlah tersebut melampaui target yang ditetapkan Pemkot,yakni 4,1 juta wisata.” Ungkap Kepala Dinas dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Eny Tyasni. Dirilis Humas Pemkot Surakarta.

Disbudpar mencatat ada pertumbuhan jumlah wisatawan yang mengunjungi Solo beberapa tahun terakhir ini. Disbudpar mencatat sepanjang bulan februari 617.489 wisatawan mengunjungi Solo. Jumlah tersebut terdiri dari 613.034 wisatawan domestik dan 4.455 wisatawan mancanegara.