Jaring Informasi, Humas Pemkab Klaten Optimalkan Peran

Kabag Humas Pemkab Klaten Wahyudi Martono bersama Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Sugeng Hariadi.(Foto: Humas Pemkab Klaten)
Kabag Humas Pemkab Klaten Wahyudi Martono bersama Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Sugeng Hariadi.(Foto: Humas Pemkab Klaten)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada seluruh humas Pemerintah Kabupaten dan Kota seluruh Jawa Tengah harus ‘ngepop’ kepada masyarakat dan juga awak media.

Sejalan dengan intruksi Gubernur, Humas Pemkab Klaten kini terus melakukan upaya peningkatan kinerja.

“Wajah humas itu harus memberikan informasi, dan menjual. Menjual apa? Ya menjual kita masing-masing. Humas juga harus ngepop, dengan kata lain tidak kaku, dan siap nongkrong dengan wartawan, maupun acara wartawan,” katanya saat beraudiensi dengan anggota Forum Komunikasi Humas Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah di ruang kerja Kantor Gubernur. Dirilis Humas Pemprov Jawa Tengah.

Dalam rangka meningkatkan peran kehumasan, Humas Pemkab Klaten mengadakan audiensi dengan Kejaksaan Negeri Klaten. Pertemuan itu membahas peran kehumasan dalam rangka mendukung program dan kinerja Bupati Klaten.

Audiensi yang berlangsung di kantor kejaksaan klaten ini dihadiri langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Klaten Wahyudi Martono didampingi para Kasubag Humas Klaten. Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Sugeng Hariadi menyambut baik gagasan ini.

Pihaknya mendukung peran Humas Kabupaten Klaten untuk mendorong visi Bupati mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Dalam kesempatan tersebut, Wahyudi menyampaikan beberapa program sosialisasi terkait kehumasan yang bisa mendukung kegiatan Kejari Klaten. Sosialisasi program akan dipublikasikan melalui radio,website, maupun media visual.

Perlu diketahui, Humas Pemkab Klaten telah melakukan beragam upaya untuk meningkatkan peranya. Sebelumnya Humas Pemkab Klaten telah mengadakan kegiatan jurnalistik masyarakat.

Kegiatan ini dimaksudkan memfasilitasi setiap SKPD, pelajar dan masyarakat untuk menulis berita terkait program kegiatan, peristiwa atau informasi yang bersifat membangun untuk diketahui masyarakat dan meningkatkan kinerja SKPD.

Peran Humas

Mengingat peran humas sangat penting dalam membangun hubungan antara Pemerintah dengan Masyarakat, Baru – baru ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membentuk Forum Komunikasi Humas Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah.

Ganjar menilai wajah kehumasan perlu berubah. Humas dituntut melakukan terobosan dalam memberikan informasi, serta berkomunikasi dengan masyarakat, maupun awak media.

Pihaknya menekankan agar Humas mengoptimalkan pemberitaan dengan media website yang telah ada. “Tugas kita memang ngomong, rata-rata punya website, minimal di itu saja. Panjenangan beritakan hal yang positif yang kita kerjakan. Sekali-kali boleh yang negatif dan jangan takut minta maaf,” ujarnya.