Pendidikan Ketarunaan SMK Sakti Gemolong, Persiapkan Kader Bangsa Berkarakter Kuat

DIDIK MENTAL - Upacara Pembukaan Pendidikan Ketarunaan tahun ajaran 2015/2016 SMK Sakti Gemolong di Lapangan Kampus Timur, Senin (7/9/2015). (Foto: Agung Suprapto)
DIDIK MENTAL – Upacara Pembukaan Pendidikan Ketarunaan tahun ajaran 2015/2016 SMK Sakti Gemolong di Lapangan Kampus Timur, Senin (7/9/2015). (Foto: Agung Suprapto)

Gemolong, SURAKARTA DAILY ** SMK Sakti Gemolong membuka kembali Pendidikan Ketarunaan tahun ajaran 2015/2016. Upacara Pembukaan Pendidikan Ketarunaan kedua tersebut digelar di Lapangan Kampus Timur, Senin (7/9/2015).

Hadir dalam acara, seluruh guru, Pembina, Pelatih dari Koramil Gemolong, Polsek Gemolong, Pejabat pemerintah setempat, dan tentunya, calon taruna berjumlah sekira 700 siswa kelas X semua Jurusan.

Pendidikan Ketarunaan SMK Sakti Gemolong menjadi salah satu produk unggulan sekolah yang mempunyai visi strategis guna mendukung pendidikan berkarakter, selaras ruh kurikulum 2013.

Kepala Sekolah SMK Sakti Gemolong, Suyono, mengatakan, latar belakang diadakannya kegiatan pendidikan ketarunaan adalah kondisi sosio-kultural generasi bangsa yang semakin memprihatinkan.

“Ketika berbicara tentang generasi bangsa, kita otomatis bicara tentang para remaja. Semakin hari permasalahan remaja semakin memprihatinkan,” ujar Suyono kepada Surakarta Daily.

Ia menandaskan, maraknya narkoba, seks bebas, dan segepok permasalahan lain sangat mengkhawatirkan.

“Hal itu sering kita lihat di media cetak dan elektronik, bahkan di lingkungan terdekat kita pun tidak jarang terjadi. Jika tidak disikapi dengan baik, khususnya institusi pendidikan, akan menjadi masalah besar bagi bangsa ini ke depan,” tuturnya.

Manfaat Pendidikan Ketarunaan

Sementara itu, salah satu Pembina Taruna, Sulaiman Rasyid, menerangkan, dengan adanya Pendidikan Ketarunaan, para siswa diajarkan bagaimana bersikap dan berperilaku sehari-hari di dalam maupun di luar lingkungan sekolah yang mempunyai loyalitas dan dedikasi tinggi, bertanggung jawab, serta berjiwa kepemimpinan.

Sekolah Menengah Kejuruan yang beralamat di Jalan Raya Sukowati kilometer 1 Gemolong Sragen ini memang dikenal masyarakat mempunyai komitmen mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya unggul dan kompeten di bidang teknologi, namun juga berusaha membentuk para siswanya dengan mengadakan pendidikan karakter yang terprogram dengan baik.

Sebelum pelaksanaan ketarunaan, pihak sekolah mengadakan pertemuan terlebih dahulu dengan para wali murid. Selain memberi sosialisasi kegiatan yang dilakukan putra putrinya, para wali murid diharapkan melakukan dukungan konkret dengan mengawasi mereka ketika tidak berada di sekolah.

Kegiatan ketarunaan dimulai tepat pukul 05.30 dan selesai pukul 16.00, dari Senin hingga Kamis setiap minggunya.

Pendidikan Ketarunaan mempunyai kurikulum tersendiri yang harus diselesaikan selama 1 tahun dengan jadwal tertentu, sehingga tidak akan mengganggu kualitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Untuk Pembina terdiri dari 19 guru wali kelas X, 5 Kepala Program, guru tertentu yang ditunjuk, dan para senior Taruna Kelas XI yang terpilih.

2 thoughts on “Pendidikan Ketarunaan SMK Sakti Gemolong, Persiapkan Kader Bangsa Berkarakter Kuat

Comments are closed.