Pertengahan 2015, Unisri Kirim Pertukaran Mahasiswa ke Thailand

KERJA SAMA - Rektor Unisri, Prof Kapti Rahayu Kuswanto, menerima kunjungan Khon Kaen University Thailand pimpinan Prof Pornthap Thanon Keo, Senin (9/3/2015), di Ruang Sidang Rektorat lantai II. (Foto: Humas Unisri)
KERJA SAMA – Rektor Unisri, Prof Kapti Rahayu Kuswanto, menerima kunjungan Khon Kaen University Thailand pimpinan Prof Pornthap Thanon Keo, Senin (9/3/2015), di Ruang Sidang Rektorat lantai II. (Foto: Humas Unisri)

Mojosongo, SURAKARTA DAILY ** Pada pertengahan 2015, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta akan melakukan pertukaran mahasiswa ke Khon Kaen University Thailand. Selain itu, ada pula program pertukaran staf pengajar, kegiatan ilmiah, dan pemberian beasiswa studi.

Hal tersebut mengemuka saat Rektor Unisri, Prof Kapti Rahayu Kuswanto, beserta pimpinan Universitas dan Fakultas menerima kunjungan balasan pimpinan dan staf pengajar Khon Kaen University Thailand pimpinan Prof Pornthap Thanon Keo, Senin (9/3/2015), di Ruang Sidang Rektorat lantai II.

Setelah beramah tamah, secara simbolis, Rektor menyerahkan cindera mata wayang kulit tokoh Arjuna kepada ketua rombongan. Selanjutnya, rombongan mengunjungi Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (Fatipa) Unisri.

Dirilis Humas Unisri Surakarta, Dekan Fatipa Unisri, Akhmad Mustofa, mengatakan, rombongan staf pengajar dari negara Gajah Putih tersebut menyaksikan pembuatan kue berbahan baku ubi jalar.

“Di Thailand pasti juga ada kue. Namun umumnya, berbahan baku gandum. Kue yang dibuat dan dikembangan para mahasiswa kami berbeda, karena menggunakan baku lokal, yaitu ubi jalar. Kita ingin mengangkat produk berbahan baku lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk impor seperti gandum,” katanya mantap.

Familier dengan Indonesia

Khon Kaen University berdiri pada 1964 dan merupakan salah satu dari empat universitas pengembangan di Thailand. Saat ini, kampus tertua di Thailand tersebut menjadi satu dari sembilan universitas riset di Negeri Gajah Putih.

Tidak hanya bekerja sama dengan Unisri Surakarta, Khon Kaen University juga menggandeng beberapa kampus ternama di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, kota-kota besar lain.

Pada Sabtu (28/2/2015) Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK-UMJ) menandatangani kerja sama dengan Faculty of Public Health Khon Kaen University Thailand (KKU).

Penandatanganan kerja sama dilakukan bersama dengan beberapa Universitas Muhammadiyah lainnya, yaitu Uhamka, UMB (Bengkulu),UMMU (Maluku Utara), UMP (Pontianak), Unismuh Palu, Umpar (Pare-Pare), dan Stikes Muhammadiyah Samarinda.

Dirilis FKK UMJ, Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah, Chairil Anwar, menyambut baik adanya kerja sama ini dan berharap untuk segera dilanjutkan dengan aktualisasi dari masing-masing Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) sehingga mempercepat kemajuan di berbagai bidang, terutama bidang pendidikan dan penelitian yang memang menjadi fokus utama universitas.