2014, Realisasi Pendapatan Pemkab Klaten 102,87 Persen dari Target

Kantor Bupati Klaten. (Foto: Panoramio)
Kantor Bupati Klaten. (Foto: Panoramio)

Klaten, SURAKARTA DAILY ** Realisasi total pendapatan Pemerintah Kabupaten Klaten pada 2014 sebesar Rp1,91 triliun atau 102,87 persen dari target total pendapatan yang sebesar Rp1,86 triliun.

Hal tersebut disampaikan Bupati Klaten, Sunarna, saat membacakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2014 kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Klaten, Selasa (24/3/2015) di Gedung DPRD Klaten.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Klaten pada 2014 mencapai lebih dari Rp177 miliar. PAD itu melebihi target yang dipatok Pemkab Klaten sebesar Rp153 Miliar. Sedangkan dana perimbangan realisasinya mencapai Rp1,25 triliun lebih dan melampaui target yang telah ditetapkan sebesar Rp1,24 triliun.

“Selanjutnya, untuk belanja daerah di tahun 2014, terealisasi dengan total Rp1,88 triliun atau mencapai 88,26 persen dari target total belanja daerah sebesar Rp2,11 triliun,” tutur Sunarna, seperti dirilis Humas Pemkab Klaten.

Menurut Bupati, LKPJ merupakan laporan perkembangan pembangunan untuk tahun 2014 dalam periode pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Laporan ini adalah RPJMD yang keempat yang saya laporkan kepada DPRD Klaten. LKPJ ini kita susun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2007,” kata Bupati.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Klaten, Haryanto mengatakan, pihak DPRD Klaten menerima LKPJ yang telah disampaikan oleh Bupati Klaten.

“Tidak ada penolakan untuk LKPJ yang telah disampaikan oleh Bupati tadi. Untuk evaluasi lebih lanjut akan kita dalami dulu LKPJ tersebut, untuk memberikan rekomendasi kepada Bupati,” ucapnya.

Musrenbang

Sebelumnya, Kamis (19/3/2015), Pemkab Klaten menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Klaten. Acara yang digelar di kompleks Pemkab itu dihadiri lebih dari 500 peserta.

Para peserta berasal dari Bappeda Jawa Tengah, Bappeda se-eks Karesidenan Surakarta dan DIY, unsur delegasi kecamatan, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, partai politik, DPRD Kabupaten Klaten, LSM, instansi pemerintah, BUMN/BUMD, dan unsur lainnya.

Kepala Bappeda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, mengungkapkan, tema Musrenbangkab kali ini adalah ‘Peningkatan Infrastruktur dalam Mendukung Kedaulatan Pangan’; melakukan klarifikasi atas prioritas Rancangan Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja SKPD) tahun 2016.

Ia mengatakan, tahapan perencanaan di Kabupaten Klaten menggunakan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD).