2015, Pemkab Sragen Kembali Komitmen Perbaiki Puskesmas

PERBAIKAN - Puskesmas Jenar Sragen. (Foto: Panoramio)
PERBAIKAN – Puskesmas Jenar Sragen. (Foto: Panoramio)

Sragen, SURAKARTA DAILY ** Komitmen Pemerintah Kabupaten Sragen dalam memperbaiki fasilitas kesehatan kembali dibuktikan dengan memasukkan anggaran yang cukup besar untuk memperbaiki tiga puskesmas. Tidak main-main, anggaran perbaikan tiga puskesmas tersebut mencapai Rp3 miliar.

“Hal ini mempunyai dampak akan makin maksimalnya pelayanan di tiga kecamatan tempat puskesmas tersebut. Daerah Puskesmas tersebut adalah Sambung macan, Puskesmas Ngrampal, dan Puskesmas Jenar,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, Hargianto, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kesehatan merupakan salah satu unsur untuk memenuhi rasa sejahtera. Dalam istilah umum, sejahtera menunjuk pada kondisi keadaan baik, yakni kondisi manusia terasa makmur, sehat, dan damai.

Oleh karena itu, sambungnya, kebijakan pemerintah guna mengacu pada kesejahteraan sosial adalah mudahnya mengakses atau terjangkaunya fasilitas publik untuk kebutuhan masyarakat.

“Kesehatan salah satunya, selain pendidikan. Seperti kita semua ketahui, setelah diundangkannya UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional maka akses masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan semakin terjamin,” terang Hargianto.

UU No. 40 Tahun 2004, lanjutnya, beramanat membentuk suatu badan penyelenggara jaminan sosial, yang berhasil diundangkan pada 2011. Dalam UU No. 24 Tahun 2011, terbentuklah suatu badan untuk menjamin kesejahteraan nasional, yang mentrasformasi PT Askes dan PT Jamsostek menjadi BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Komitmen Pemerintah Kabupaten Sragen dalam memenuhi kebutuhan dan fasilitas kesehatan untuk masyarakat Sragen kembali dibuktikan pada tahun ini. Sebelumnya, pada tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Sragen sudah memugar dua puskesmas, yaitu Puskesmas Kalijambe dan Puskesmas I Kedawung,” tuturnya.

Ia menambahkan, Pemkab Sragen selanjutnya akan membangun dua puskesmas lagi, yaitu Puskesmas Miri dan Puskesmas Gesi.

“Selain jaminan sosial yang telah terjamin dalam UU No. 40 tahun 2004, perlu ditunjang juga fasilitas kesehatannya,” pungkas Hargianto.