Sumaryoto: Menuntaskan Pengabdian adalah Tugas Putra Daerah

PENGABDIAN - Tokoh Wonogiri, Sumaryoto, berkeinginan mengabdi pada tanah kelahirannya. (Foto: Albicia Hamzah)
PENGABDIAN – Tokoh Wonogiri, Sumaryoto, berkeinginan mengabdi pada tanah kelahirannya. (Foto: Albicia Hamzah)

Wonogiri, SURAKARTA DAILY ** Membangun tanah kelahiran merupakan sebuah impian bagi setiap orang. Tidak terkecuali bagi Sumaryoto. Perjuangan yang selama ini ia lakukan masih harus dilanjutkan. Itu menunjukkan bahwa menuntaskan pengabdian merupakan pilihan indah yang harus dilakukan Meskipun terasa berat.

Ia mengaku bahwa pengabdian harus dilakukan dengan tuntas. “pengabdian harus dilakukan dengan tuntas. Itu merupakan tanggung jawab moral yang harus dilakukan setiap putra daerah ” ungkapnya.

Sebagai putra daerah dalam hatinya selalu tergerak untuk membuat perubahan di Wonogiri. Ia melihat pembangunan jiwa dan raga bagi masyarakat masih sangat dibutuhkan. Adapun pintunya menurutnya adalah pengentasan kemiskinan serta peningkatan kapasitas sumberdaya manusia. Upaya tersebut menurutnya harus terus dilakukan selama kita mampu melakukan.

Sumberdaya Manusia

Dengan sumber daya manusia yang mumpuni akan dapat membawa Wonogiri menjadi daerah yang mandiri, apalagi daerah ini sangat kaya akan sumber daya alam yang sampai saat ini masih belum dikelola secara maksimal.

Dari sumber daya mineral, sumberdaya wisata sampai sumber daya air semua dimiliki oleh Wonogiri. Jika sumber daya tersebut dapat dikelola oleh warga setempat tentu saja akan memberikan effek luar biasa bagi Kabupaten ini.

Wonogiri merupakan satu-satunya wilayah di kawasan subosukowonosraten yang memiliki pada pantai. Sedangkan di pulau jawa salah satu wilayah yang menjadi primadona kunjungan karena merupakan sentra bisnis adalah Surakarta. Ini menjadi strategis Wonogiri.

Namun akan menjadi kontra produktif jika sumber daya manusia yang dimiliki tidak dapat menangkap peluang tersebut. Maka kata kuncinya adalah peningkatan sumberdaya sesuai dengan daya dukung lingkungan.

Membangun Jiwa

Menurutnya yang tidak kalah pentingnya adalah membangun jiwa. Artinya bahwa Wonogiri merupakan salah satu aset yang perlu terus ditingkatkan adalah pembangunan karakter.

Kemakmuran suatu daerah tidak akan banyak berarti tanpa adanya karakter yang baik dari masyarakatnya. Karena inilah yang akan menjadi cermin bagi tingginya peradaban suatu daerah.