Mami Wiyono: Dari Hobi Jadi Usaha Soto Kudus

Mami Wiyono Owner Soto Kudus dan Nasi Pindang (Foto: Surakarta Daily)
Mami Wiyono, Owner Soto Kudus dan Nasi Pindang (Foto: Surakarta Daily)

Kota Solo, SURAKARTA DAILY** Menjadi tua adalah kepastian, dan menjadi dewasa adalah pilihan. Nampaknya, anekdot ini, menjadi pembuka yang tepat untuk mengawali perjumpaan dengan sosok ibu yang memasuki usia tuanya, tetapi masih penuh energik dan produktif.

Mami Wiyono, adalah satu dari sekian nama perempuan yang mewakili perempuan penuh energik dan inspirasi. Bagaimana tidak, di usianya yang memasuki 66 tahun, ibu dua anak ini masih tekun menggeluti dunia bisnis kuliner ‘Soto Kudus dan Nasi Pindang’.

Bukan hanya sekedar pilihannya untuk memulai bisnis kuliner Soto Kudus dan Nasi Pindang barunya. Lebih dari itu, semangat dan cara mengisi waktunya, memberikan detak takjub tersendiri bagi ibu-ibu di sekitar untuk bisa meneladani nenek dari 5 cucu ini.

Di usianya yang senja, Mami Wiyono, bisa saja menikmati hidupnya dengan leyeh-leyeh penuh fasilitas di rumah atau traveling sebagai hobinya kala muda. Tetapi, perempuan dari seorang purnawirawan Angkatan Udara Republik Indonesia ini, memilih menyibukan diri bergelut bisnis kuliner, yang awal mulanya dari hobinya menikmati soto.

“Bukan persoalan untuk sekedar mendapat untung, lebih dari itu, usaha bisnis ini untuk mengisi waktu agar tetap produktif,” terang Mami Wiyono kapada Surakarta Daily (10/12/14)

Lebih lanjut, Mami memaparkan, Soto Kudus, yang khas dengan penyajian mangkuk kecil menjadi pelabuhannya pilihan mengisi waktu senja dan usaha kulinernya.

“Soto Kudus, menjadi pilihan kami memulai bisnis kuliner, karena kebetulan keluarga hobi dengan masakan satu ini. Selain harganya yang standar, rasanya pun segar,” tutur Mami.

Perempuan yang hobi traveling dan golf ini, memaparkan lebih lanut, kami sengaja membuka warung ini, karena ingin membantu membuka peluang kerja karyawan yang membutuhkan, di samping untuk mengisi waktu luangnya.

“Ibu ini sudah tua, kalao mengejar materi gak ada habisnya, jadi ini warung hanya untuk mengisi waktu saja, makanya harganya pun disesuaikan harga mahasiswa,”tuturnya penuh hangat.

Soto Kudus

Soto kudus, barangkali bukan menu yang asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang segar dan menggoyang lidah, masakan satu ini juga praktis dalam penyajiannya. Dengan sebidang mangkuk kecil, sajian kuliner asal kota Kudus, Jawa Tengah, akan semakin pas jika disantap selagi panas.

Selain dikenal di kota Kudus, Soto Kudus juga terkenal di berbagai kota-kota lain yang membuat penikmat makanan berkuah ini akan mudah menjumpai.

Anda penikmat Soto, tidak perlu jauh-jauh mencarinya, karena telah hadir sajian kuliner asal kota Kudus di Karangasem, Solo, atau tepatnya di Komplek Ruko Depan Kampus 4 UMS.

Selain tempatnya yang strategis di bahu jalan dengan area parkir yang luas, pengunjung cukup dengan kocek Rp.6 ribu untuk bisa menikmati semangkuk Soto Kudus racikan perempuan yang tinggal di Klegen-Solo.