Pucangsawit, Kuliner Khas Solo Bersenandung Keroncong

Kuliner Pucangsawit. (Foto: Pemkot Surakarta)
Kuliner Pucangsawit. (Foto: Pemkot Surakarta)

Kota Solo, SURAKARTA DAILY ** Bagi Anda pencinta kuliner, tentu tak sangsi dengan Kota Solo yang melimpah menu unik dan menggiurkan. Kota Bengawan memang surga bagi pencinta kuliner.

Anda mengenal Kuliner Pucangsawit? Letaknya sangat strategis, di dekat Bengawan Solo serta jalur masuk Kota Solo dari Surabaya-Karanganyar-Sragen. Tempat layak kunjung bagi para pengguna jalan yang kerap melintas.

Bukan itu saja. Kalau Anda suntuk apalagi bingung menentukan acara Malam Minggu atau ngumpul bareng teman atau sahabat, jangan pusing-pusing. Datang saja ke Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) Pucangsawit Solo yang buka siang hingga malam pukul 23.00.

Dirilis Pemkot Surakarta, untuk melestarikan dan mempromosikan kepada khalayak ramai, Pemerintah Kota Surakarta menghadirkan musik keroncong di Kuliner Pucangsawit, Rabu malam (5/11/2014).

Musik keroncong dihadirkan untuk memanjakan pelanggan Kuliner Pucangsawit. Sembari jajan dan makan, pelanggan mendapat bonus musik keroncong nan klasik dan menawan.

Hadir dalam acara tersebut jajaran pemerintah Kota Surakarta, baik Lurah maupun Camat serta masyarakat yang memadati Kuliner Pucangsawit. Mereka menikmati aneka macam jajanan khas Kota Solo yang berada di stand-stand, mulai dari nasi liwet, sate jerohan, gudeg ceker, dan masih banyak lagi.

Gladag Langen Bogan (Galabo)

Sebelumnya, Kota Solo telah sekian lama membangun Gladag Langen Bogan, wisata kuliner malam yang diresmikan Minggu malam, 13 April 2008. Kehadiran tempat wisata kuliner malam Gladag Langen Bogan memperkuat Solo sebagai kota yang tidak pernah tidur.

Gladag Langen Bogan Solo adalah arena kuliner yang hanya dibuka pada malam hari, berlokasi di sebelah timur bundaran Gladag, tepatnya di Jalan Mayor Sunaryo, depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. Sebelah utara berbatasan dengan situs bersejarah Beteng Vastenburg. Jika siang hari sebagai jalan raya, sedangkan pada malam hari jalan ditutup untuk menjadi arena kuliner.

Setiap malam, Galabo dipenuhi pengunjung, baik masyarakat Solo maupun luar Kota Solo yang penasaran. Pusat jajanan malam hari ini menawarkan aneka macam makanan dan minuman khas tradisional yang sudah legendaris di Kota Solo.

Masyarakat dan wisatawan dapat menemukan dengan mudah berbagai makanan dan minuman, seperti thengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde, wedang dongo, dan masih banyak lagi.

Para penikmat kuliner dapat berkunjung sambil menikmati suasana Kota Solo di malam hari dengan berjalan kaki di sepanjang Gladag Alun-Alun Utara. Pada akhir pekan, tak hanya makanan dan minuman khas yang ditawarkan di sini. Sajian musik live dapat pula dinikmati para pengunjung dengan cuma-cuma. Ada pula fasilitas hotspot.