Tim Bengawan UNS Andalkan Dua Mobil dalam Indonesia Energy Marathon Challenge 2014

Rektor UNS, Ravik Karsidi, me-launching sekaligus melepas Tim Bengawan, Jumat (10/10/2014) di depan gedung Rektorat UNS. (Foto: UNS)
Rektor UNS, Ravik Karsidi, me-launching sekaligus melepas Tim Bengawan, Jumat (10/10/2014) di depan gedung Rektorat UNS. (Foto: UNS)

Kota Solo, SURAKARTA DAILY ** Adalah Tim Bengawan Universitas Sebelas Maret (UNS). Tim otomotif mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik tersebut kini tengah mengikuti lomba di ajang Indonesia Energy Marathon Challenge 2014, di sirkuit Kenjeran, Surabaya, 16-19 Oktober 2014.

Dilansir laman UNS, Tim Bengawan mengandalkan kendaraan listrik generasi kedua yaitu Estungkara 2.0 dan kendaraan diesel Samudra 3.0.

Ajang Surabaya kali ini juga sebagai persiapan kompetisi Internasional, yaitu Shell Eco Marathon Asia (SEM) 2015 di Luneta Park, Manilla, Filipina. Sebelumnya, tim Bengawan telah lolos tahap seleksi fase 2 pada 26 Februari-1 Maret lalu dan hampir dipastikan akan menjadi salah satu perwakilan tim Indonesia dalam kompetisi penciptaan kendaraan hemat bahan bakar ini.

Pada SEM 2014, tim Bengawan berhasil meraih juara 2 dalam kategori urban gasoline. Sedangkan untuk tahun ini, mereka memilih kategori urban diesel dan prototype listrik. Untuk kategori prototype listrik akan diwakili Estungkara 2.0 yang berwarna biru muda khas UNS, sedangkan Samudra 3.0 yang berwarna merah terang akan bermain di kategori urban diesel.

Mobil ini telah mengalami berbagai perbaikan, terutama pada bagian body dan mesin. Untuk body¸berat mobil menyusut menjadi 40 kg dari 60 kg, sedangkan pada material body mengkombinasikan fiberglass, karbon, dan hanicom.

Pada mesin, mobil listrik tersebut menggunakan batu lithium yang mampu bertahan selama 3 jam dan mampu menempuh 200 km. Untuk diesel, jenis ini sama dengan yang biasa digunakan pada pompa air.

Rektor UNS, Ravik Karsidi, me-launching sekaligus melepas tim otomotif yang terbentuk sejak September 2011 lalu itu untuk berlomba, Jumat (10/10/2014) di depan gedung Rektorat UNS.

Ravik memberi semangat kepada Tim Bengawan untuk melakukan persiapan maksimal.

“ Yakinkan pada diri saudara bahwa kita datang untuk menang,” ujar Ravik kepada seluruh mahasiswa anggota Tim Bengawan.