Kembangkan Kemandirian Mahasiswa, Unisri Gelar Expo Kewirausahaan

Expo Kewirausahaan Unisri. (Foto: Humas Unisri)
Expo Kewirausahaan Unisri. (Foto: Humas Unisri)

Kota Solo, SD ** Semangat berwirausaha terus ditebar kampus Universitas Slamet Riyadi Solo (Unisri). Selama dua hari, Selasa-Rabu (23-24/9/2014), digelar Expo Kewirausahaan yang diikuti 20 mahasiswa dari 6 fakultas Unisri.

Di sela-sela kegiatan perkuliahan pojok timur kampus, tepatnya di depan Pusat Bisnis Mahasiswa, suasana berubah mirip sebuah pasar. Berdiri puluhan stand, mulai kuliner, pakaian, makanan, penjualan pulsa, dan lain-lain. Tampak puluhan mahasiswa merubung stand untuk melakukan transaksi penjualan.

Dilansir laman Unisri, peserta expo adalah para mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan Tim Hibah Iptek Bagi Kewirausahaan (IBK) 2013/2014, yang diketuai Syaiful Bahri dengan anggota D. Ririn Indriastuti dan Wuri Wulandari.

Menurut Ririn Indriastuti, program IBK yang dilaksanakan merupakan kegiatan multiyear, selama 3 tahun. Tahun pertama telah berhasil melahirkan 20 wirausahawan baru dalam 3 kluster, yaitu kuliner, ekonomi kreatif, dan jasa.

“Sangat menggembirakan. Ternyata para mahasiswa memiliki semangat dan potensi yang luar biasa menjadi wirausaha. Usaha yang mereka jalankan berjalan bagus, seperti membuat produk olahan ikan, snack, aksesoris, batik kontemporer, video shooting, fotografi. Kami optimis, usaha mereka bisa berkembang dan menjadi besar, sehingga selepas bangku kuliah, mereka bisa mandiri,” ujarnya.

Penyelenggaraan expo bersamaan dengan monitoring dan evaluasi (monev) dari Dikti. Gunarso, selaku tim monev, merasa puas melihat kegiatan Expo Kewirausahaan yang didanai program IBK. Diharapkan, kampus juga berperan turut andil dalam mencetak wirausahawan yang tangguh dan profesional.