Kawasan Perkotaan Sukoharjo dan Grogol, Lokasi penyusunan RTBL 2014

Gapura selamat datang Kabupaten Sukoharjo. (Foto: Nusantaride)
Gapura selamat datang Kabupaten Sukoharjo. (Foto: Nusantaride)

Sukoharjo, SURAKARTA DAILY ** Pada 2014, Kabupaten Sukoharjo menjadi lokus sasaran kegiatan Penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Kawasan Pusat Kota, dari Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Jawa Tengah, Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum.

Lokasi penyusunan RTBL di wilayah Kabupaten Sukoharjo meliputi dua Kawasan Perkotaan, yaitu di Kawasan Perkotaan Sukoharjo dan Kawasan Perkotaan Grogol.

Menurut hasil survei Konsultan Tenaga Ahli, ada empat alternatif kawasan yang diprioritaskan, yakni kawasan Jalan Veteran dan Kawasan Jalan Pemuda dengan luas kawasan tinjauan ± 172,33 Ha dan luas kawasan inti ± 74,08 Ha.

Demikian hasil Forum Group Discution (FGD) I Bappeda Kabupaten Sukoharjo, awal September 2014 lalu, seperti dilansir dari laman Bappeda Kabupaten Sukoharjo.

Pelaksanaan FGD dimaksudkan menyampaikan hasil survei awal lokasi dari konsultan RTBL untuk memperoleh sebanyak-banyaknya aspirasi daerah wilayah rencana, terkait keterpaduan pembangunan di lokasi studi dari masing-masing pemangku kepentingan di Kota Sukoharjo yang akan diselaraskan, berupa dokumen RTBL.

Kepala Bidang Prasarana dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kabupaten Sukoharjo, menyampaikan, Penataan Bangunan dan Lingkungan bertujuan mengendalikan pemanfaatan ruang dan menciptakan lingkungan yang tertata, berkelanjutan, berkualitas, serta menambah vitalitas ekonomi dan kehidupan masyarakat.

Oleh karenanya, penyusunan RTBL, selain sebagai pemenuhan aspek legal-formal juga sebagai panduan/pengendali pembangunan dalam penyelenggaraan penataan bangunan dan lingkungan

FGD dihadiri unsur Satker PBL Jawa Tengah, Binamarga Provinsi Jawa Tengah, dan unsur dari Kabupaten meliputi Bappeda, DPU (Bidang Tata Ruang, Cipta Karya, Bina Marga dan Perumahan), BLH, Dishubinfokom, Bagian Hukum, Bagian Pemerintahan, Camat Sukoharjo, Lurah Jetis, Lurah Sukoharjo, dan Lurah Gayam.