James Cousin Company South-East Asia Tour 2014 Bakal Tampil di Solo

James Cousin Company South-East Asia Tour 2014. (Foto: British Council Filipina)
James Cousin Company South-East Asia Tour 2014. (Foto: British Council Filipina)

Solo, SURAKARTA DAILY ** Memperingati setengah abad Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta bekerja sama dengan British Council menghadirkan James Cousins Company, sebuah kelompok tari kontemporer asal Inggris untuk para penikmat tari di Indonesia.

Dirilis Humas ISI Surakarta, event bertajuk James Cousin Company South-East Asia Tour 2014 akan membawakan ‘Without Stars’ dan ‘There We Have Been’, pada Rabu (29/10/2014) pukul 19.00 di Teater Besar, ISI Surakarta. Pentas terinspirasi novel Haruki Murakami, Norwegian Wood.

Indonesia menjadi negara keempat yang dikunjungi, setelah Filipina, Malaysia, dan Vietnam. Selain tampil untuk warga Solo, mereka akan berpentas di Surabaya. Tidak hanya itu, James Cousin Company South-East Asia Tour 2014 akan berbagi keahlian kepada para penari di tiap kota.

Bekerja sama dengan ISI Surakarta dan Marlupi Dance Academy Surabaya, James Cousins Company akan mengadakan workshop tari bagi para mahasiswa dan murid.

Dalam kurun waktu yang terbilang singkat, James Cousins, seorang koreografer lulusan London Contemporary Dance School, telah memiliki banyak pencapaian lebih dari yang dapat dicapai oleh koreografer-koreografer lain dalam hidupnya.

Cousins mulai berpindah secara perlahan dari sekadar menampilkan karya menjadi pencipta karya yang kemudian mendatangkan banyak permintaan dari kelompok-kelompok tari Inggris maupun luar Inggris.

Pada 2011, setelah meresmikan kelompok tarinya di tahun yang sama, dia menjadi pemenang pertama Matthew Bourne’s New Adventures Choreographer Award. Cousins mendapatkan kehormatan untuk mempertunjukkan kebolehannya oleh Scottish Ballet, the National Ballet of Chile, dan the National Academy of Fine Arts, Singapore.

Ia berkesempatan mempresentasikan karyanya di The Houses of Parliament dan Buckingham Palace. Tidak berhenti sampai di sana, Cousins juga memperkaya pengalamannya di dunia tari dengan keterlibatannya di Bourne’s Swan Lake.

Terinspirasi dari Norwegian Wood karya Haruki Murakami yang kelam namun sangat menyentuh, Cousins menciptakan karya ‘Without Stars’ dan ‘There We Have Been’. Dengan mengambil tema-tema cinta, kehilangan, dan pertemanan dari kisah Jepang, serta menambahkan sentuhan unik khas Cousins, ia menciptakan dua buah karya yang intens dan memiliki kesan mendalam.

Bagi Anda yang berminat, dapat langsung memesan tiket ke ISI Surakarta. Sayangnya, Anda dilarang mengambil gambar, baik foto maupun video selama pertunjukan.