Empat Wisata Air Wonogiri yang Layak Anda Kunjungi

Pantai Nampu Wonogiri. (Foto: Cumilebay.com)
Pantai Nampu Wonogiri. (Foto: Cumilebay.com)

Wonogiri, SURAKARTA DAILY ** Bagi Anda pencinta wisata air, Kabupaten Wonogiri memiliki destinasi menarik yang layak Anda kunjungi. Sama sekali berbeda, karena di eks-Karesidenan Surakarta, hanya Wonogiri yang memiliki pantai.

Berikut rekomendasi redaksi untuk Anda, disarikan dari laman Pemkab Wonogiri. Anda dapat mengagendakannya suatu waktu bersama keluarga Anda, sebagai pelepas penat.

Pantai Sembukan

Pantai Sembukan terletak di Kecamatan Paranggupito, kurang lebih 40 kilometer ke arah selatan Kota Wonogiri atau sekira dua jam perjalanan. Pantai ini terkenal sebagai pantai ritual yang ramai dikunjungi orang untuk bermeditasi dan ngalap berkah (mencari berkah—red).

Pada waktu-waktu tertentu, diadakan acara larung yang dilanjutkan dengan gelaran wayang atau wayangan. Jika Anda ingin berwisata di Pantai Sembukan, jangan lupa membawa kail. Karena, di sana Anda bisa juga memancing ikan, sambil menikmati indahnya pemandangan alam laut yang menawan.

Ada pula tempat peribadatan di puncak gunung, yang terletak tidak jauh dari Pantai Sembukan.

Pantai Nampu

Pantai Nampu sangat elok dan alami dengan hamparan pasir putih. Pantai yang sangat panjang ini cocok untuk rekreasi keluarga dengan minuman khas air kelapa muda yang segar.

Dari Kecamatan Paranggupito, jarak tempuhnya kurang lebih 15 kilometer. Di tepi pantai, ada sumber mata air, sehingga apabila sehabis bermain di pantai bisa langsung mandi dengan air tawar tersebut.

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur terletak kurang lebih 2,5 kilometer arah selatan Kota Wonogiri. Panorama alam yang asri, indah, dan sejuk dengan fasilitas keramba, hotel, rumah makan spesial ikan bakar sangat tepat sebagai pelepas lelah dan tempat istiharat yang nyaman bagi keluarga.

Setiap bulan-bulan tertentu, obyek wisata Gajah Mungkur mengadakan event-event wisata ritual dan olah raga. Pada Bulan Muharram atau Suro, Jamasan Pusaka Mangkunegaran. Pada Bulan Syawal ada Syawalan ketupat, panggung hiburan, dan pentas seni budaya reog, tari kethek ogleng, campursari, dan orkes dangdut.

Air Terjun Setren

Air Terjun Setren terletak di Kecamatan Slogohimo, kurang lebih 30 kilometer arah timur Kota Wonogiri menuju Ponorogo Jawa Timur. Anda dapat membandingkannya dengan Air Terjun di Tawangmangu.

Suasana alami nan asri berpadu padan dengan gemericik air yang membuat Anda nyaman dan tenang. Meski relatif belum begitu diketahui, potensi Air Terjun Setren dapat dikembangkan lebih baik lagi di masa depan.